Skala bisnis logistik menurun drastis dengan adanya pandemi yang masih belum tuntas. Perlunya meningkatkan strategi perusahaan di masa pandemi agar segala masalah yang tertunda terselesaikan dengan baik.
Bagaimana perusahaan dapat bertahan dan harus mampu menghadapi berbagai tantangan? Penting pula mencari solusi terbaik agar mampu melakukan rencana pengiriman berdasar skala prioritas di masa pandemi agar bisnis bangkit lagi.
Pemutusan hubungan kerja atau PHK banyak terjadi selama masa pandemi. Begitu pula perusahaan dengan istilah FMCG atau Fast Moving Customer Good.
FMCG adalah perusahaan yang menjual produk dengan cepat dan pilihan harga murah. Adanya pandemi membuat produktivitas menurun dan diharuskan menyusun strategi perusahaan di masa pandemi agar terus bertahan.
Berbagai perubahan terjadi selama pandemi dengan berbagai kebiasaan baru dan berkaitan erat dengan bisnis logistik, antara lain:
Jual beli secara online sudah merebak dan semakin meningkat saat adanya pandemi. Semua serba digital dengan perubahan daya beli masyarakat lebih banyak secara online. Transaksi online dipilih karena lebih cepat, praktis dan aman.
Kebiasan hidup sehat menunjang banyak perubahan baru. Pembeli lebih menginginkan produk unggulan untuk kesehatan.
Perusahaan logistik akan memaksimalkan pengiriman dengan skala berdasarkan prioritas. Melalui strategi perusahaan di masa pandemi covid-19, produk akan dikirim untuk daerah paling mendesak. Apalagi jika produk merupakan barang utama yang tidak ada penggantinya.
Artinya pembeli hanya mampu menjangkau toko terdekat akibat batasan mobilitas. Dengan demikian produsen atau perusahaan harus mampu mendistribusikan ke jangkauan lebih kecil lagi agar kebutuhan seluruh konsumen terpenuhi.
Untuk mengurangi pembiayaan, banyak efisiensi dilakukan secara internal dan operasional. Tidak bisa dipungkiri selama pandemi daya beli masyarakat menurun dan perlunya trik dan strategi paling tepat untuk tetap bertahan.
Untuk menanggulangi penurunan laba dan bisnis tetap berjalan, membutuhkan strategi tertentu. Upaya harus tetap dilakukan agar efisiensi perusahaan berjalan dengan baik.
Salah satunya strategi bisnis perusahaan di masa pandemi adalah meminimalisir PHK. Langkah dan upaya strategi tersebut antara lain:
Untuk mengurangi resiko saat pandemi, lebih praktis dan aman dengan melakukan kerja remote atau tanpa harus ke kantor. Adaptasi untuk kerja remote memberikan banyak keleluasaan untuk meningkatkan produktivitas.
Banyak keuntungan dari sistem remote, yaitu:
- Efisiensi biaya operasional perusahaan.
- Meningkatkan kreativitas karyawan.
- Memaksimalkan kinerja sekaligus karyawan tetap dekat dengan keluarga.
- Dapat bekerja dari belahan bumi manapun karena serba digital.
Teknik remote menciptakan suasana baru dan tidak mustahil bisnis FMCG berkembang pesat dengan strategi ini.
Branding sangat dibutuhkan perusahaan FMCG agar strategi perusahaan di masa pandemi covid bisa berjalan maksimal. Cara paling mudah dengan memaksimalkan situs website dan media sosial perusahaan untuk menggaet pangsa pasar lebih luas.
Selain itu memaksimalkan kinerja karyawan dengan berbagai ide baru agar branding lebih optimal. Contoh mudahnya bekerjasama dengan influencer atau blogger untuk pengoptimalan promosi masa pandemi.
Meskipun akan mengeluarkan dana, tapi hasilnya optimal karena review mereka dapat meningkatkan penjualan. Lagipula media sosial memiliki basis kuat untuk optimalkan promosi.
Selama pandemi covid-19 kemalasan mungkin muncul tapi perlu adanya kreativitas untuk menghasilkan strategi terbaik. Apabila membutuhkan yang kompetitif perlu adanya kualifikasi jelas agar skill benar-benar dikuasai.
Kreativitas seperti ini merupakan salah satu strategi unik yang akan membentuk perusahaan menjadi berbeda dengan yang lain.
Meskipun produk mungkin sama, tapi adanya promosi unik, packaging produk spesial dan layanan 24 jam akan memberikan sesuatu yang beda untuk konsumen.
Strategi keuangan perusahaan di masa pandemi menjadi taruhan untuk tetap memberikan benefit kompetitif bagi karyawannya. Sebetulnya tidak masalah selama karyawan memberikan yang terbaik untuk perusahaan.
Lagipula benefit akan menciptakan loyalitas tinggi dengan ide baru dan kekinian yang memang penting zaman digital sekarang ini. Untuk itu tak perlu ragu memberikan yang terbaik untuk karyawan, efeknya bisnis akan berjalan lebih baik dan konsumen bertambah.
Salah satu peningkatan sumber daya manusia adalah tetap melakukan program onboarding karyawan. Kinerja perusahaan yang berubah bisa menjadikan karyawan bosan atau tidak betah. Hal terburuk jika karyawan merasa kurang nyaman dan akhirnya resign.
Tentunya membutuhkan keuangan perusahaan untuk perekrutan baru lagi. Namun ini merupakan kesempatan perusahaan merekrut orang yang memiliki skill mumpuni agar maksimal bekerja.
Selain itu berikan kenyamanan kerja secara optimal agar kinerja juga bagus dan perusahaan mampu berkembang pesat.
Tidak semua karyawan melek dunia digital. Agar menambah skill masa pandemi bisa melakukan upgrade skill khusus bidang digital. Hal ini untuk menciptakan kreativitas dan ide baru yang berguna bagi perusahaan sendiri.
Peningkatan skill akan mewadahi karyawan lebih menggali potensi diri dan paham dengan digitalisasi ekonomi yang terus berkembang.
Era digital harus lebih pintar dalam spekulasi untuk meningkatkan penjualan. Salah satu contoh strategi perusahaan di masa pandemi dengan memaksimalkan penjualan online dengan berbagai layanan e-commerce yang banyak berkembang.
Perlunya rencana penjualan berdasar skala prioritas memberikan dampak tersendiri untuk perusahaan logistik. Pengiriman membutuhkan pilihan khusus yang benar-benar mampu mengantar barang sampai dengan selamat ke tempat tujuan.
Berbagai pilihan menjadi hal penting untuk pengiriman logistik. Jika mencari perusahaan logistik bisa cek daftar perusahaan logistik di Indonesia antara lain:
- Pos Indonesia dengan berbagai layanan misalnya saja paket pos, pos kilat khusus, pos express dengan biaya terjangkau.
- JNE merupakan salah satu perusahaan logistik dengan pelanggan luar biasa.
Selama pandemi covid kinerjanya meningkat pesat dengan berbagai layanan pengiriman antara lain OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), REG (Reguler), Yes (Yakin Esok Sampai) dan lainnya.
- TIKI memberikan layanan pengiriman dengan berbagai pilihan menarik dan tersebar di berbagai wilayah Indonesia.
Masih ada banyak lagi yang lain dengan pengiriman jangkauan luas. Rencana pengiriman membutuhkan kesigapan dari banyak faktor bisnis itu sendiri. Jadi pastikan mempersiapkannya dengan matang setiap faktor yang terlibat.
Pandemi membuat banyak segi kehidupan berubah termasuk perusahaan FMCG. Perlu adanya strategi tertentu sebagai upaya bertahan dan tetap mampu berkembang menghidupi karyawannya.
Untuk itu strategi perusahaan di masa pandemi ini penting agar mendapatkan solusi tepat setiap masalah yang ada. Perencanaan yang bagus terkait strategi memberi banyak penyelesaian masalah agar perusahaan berkembang lebih pesat.
Jadi bagaimana, siap untuk menerapkan berbagai strategi di atas untuk perusahaan Anda di masa pandemi ini? Semoga pembahasan di atas bermanfaat!