Indonesia Logistik Network / Bisnis Logistik / 5 Langkah Mendapatkan Peluang Usaha Export Import

5 Langkah Mendapatkan Peluang Usaha Export Import

Bagikan Artikel Ini
5 Langkah Mendapatkan Peluang Usaha Export Import

Peluang usaha export import di Indonesia kini makin terbuka lebar. Hal tersebut terjadi berkat peningkatan infrastruktur yang menghadirkan dampak pada peningkatan produksi manufaktur secara keseluruhan. Produksi lokal di Indonesia yang menarik banyak minat juga jadi salah satu pemicu bagi perkembangan industri tersebut.

Pengertian Export Import

Meskipun ekspor dan impor merupakan sebuah kegiatan bisnis yang serupa, tapi ada perbedaan mendasar di antara keduanya. Oleh karena itu, pemahaman mengenai aktivitas bisnis tersebut akan terbagi menjadi dua untuk menghadirkan pengertian yang rinci untuk Anda sebelum mulai mengambil peluang usaha export import.

A. Pengertian Export

Aktivitas bisnis dengan cara mengeluarkan barang produksi dari suatu negara ke negara lain merupakan istilah umum dari export atau ekspor. Pengeluaran barang ini berlaku pada kawasan kepabeanan meliputi darat, laut, dan udara di Zona Ekonomi Eksklusif.

Dalam memahami peluang usaha ekspor dan impor, Anda perlu tahu bahwa aktivitas bisnis tersebut tidak serta merta terkait pengiriman saja. Ada ketentuan yang perlu Anda penuhi terlebih dahulu untuk bisa melakukan ekspor. Sebagai sebuah aktivitas perdagangan, ekspor jadi salah satu sektor perekonomian yang cukup punya pengaruh.

Tidak semua perusahaan dapat menjadi eksportir. Dalam memahami peluang peluang usaha export import, Anda perlu memastikan bahwa unit usaha yang Anda jalani mampu memproduksi barang dalam jumlah yang banyak. Selain itu, ada ragam regulasi dari setiap negara yang perlu Anda penuhi juga.

B. Pengertian Import

Di luar ekspor, ada juga aktivitas import atau impor. Kegiatan bisnis ini merupakan kebalikan dari export. Dengan kata lain, perusahaan dalam sebuah negara membeli barang produksi dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri. Importir di Indonesia ini berperan sebagai pembeli untuk diteruskan kepada produsen.

Sebagai contoh, Anda yang menjalani bisnis di sektor industri pangan akan memiliki kemungkinan untuk mengimpor bahan baku tertentu. Hal tersebut terjadi karena ada bahan produksi yang tidak tersedia di Indonesia. Salah satu contohnya adalah gandum yang jadi bahan utama pembuatan mi instan dan sereal.

Selain itu, untuk bisa melakukan impor dengan mudah, perlu ada kesepakatan antara kedua negara yang terlibat dalam aktivitas dagang ini. Di Indonesia sendiri ada banyak daftar perusahaan importir dalam rangka meningkatkan peluang usaha export import.

Cara Dapatkan Peluang Usaha Export Import untuk Pemula

Meskipun menjadi sektor yang kompetitif dan memiliki dominasi pengusaha berpengalaman, Anda tetap bisa memulai usaha ekspor dan impor sebagai pemula. Untuk bisa memaksimalkan peluang usaha ekspor impor di Indonesia, Anda perlu pengetahuan yang matang.

Riset sebagai pebisnis pemula tidak hanya berkutat pada pengetahuan umum saja. Anda juga bisa mencari tahu tentang orang-orang berpengalaman di dunia perdagangan internasional. Hal ini bisa membantu Anda dalam menjalankan bisnis lebih efisien. Berikut beberapa langkah untuk Anda coba:

1. Bergabung Dengan Komunitas Ekspor Impor

Sebagai pemula, untuk bisa mendapatkan pengetahuan lengkap mengenai peluang usaha ekspor impor, Anda dapat bergabung ke komunitas. Dalam komunitas tersebut, Anda bisa menemui beberapa sosok penting dalam dunia bisnis ekspor dan impor. Dalam hal ini, Anda dapat bertanya mengenai pengalaman mereka memulai usaha.

Selain itu, Anda juga bisa menambah jejaring untuk mencari peluang usaha ekspor impor dalam komunitas tersebut. Keuntungan lainnya adalah, dalam sebuah komunitas biasanya setiap anggota saling membantu untuk meningkatkan bisnis. Hal tersebut dilakukan agar industri ekspor dan impor terus berkembang dan menguntungkan.

2. Fokus pada Pilihan Produk

Dalam memaksimalkan peluang usaha export import, Anda perlu fokus terhadap produk yang ingin Anda kirim atau datangkan. Jangan terburu-buru untuk meraih kesempatan di berbagai macam sektor. Pastikan Anda menemukan produk yang tepat serta dibutuhkan di dalam negeri dan luar negeri.

Dengan fokus terhadap sebuah produk di masa awal usaha, Anda dapat lebih mengetahui kelebihan dan kekurangan dari usaha yang Anda jalani saat ini. Hal tersebut perlu Anda lakukan demi meningkatkan reputasi bisnis di sektor perdagangan internasional, sekaligus menarik produsen untuk menggunakan jasa perusahan Anda.

3. Menentukan Negara Tujuan

Sebagai pemula yang tengah mencari peluang usaha ekspor impor, akan lebih baik untuk bisa menentukan negara tujuan terlebih dahulu. Pastikan negara tujuan ekspor dan impor yang Anda lakukan merupakan negara rekanan dari Indonesia.

Perjanjian bilateral Indonesia dengan negara lain memungkinkan pengusaha untuk melakukan ekspor dan impor serta mendapatkan insentif dan kemudahan operasional.

Selain itu, Anda juga bisa menentukan segmentasi pasar yang tepat dengan menentukan negara tujuan. Sehingga produk yang Anda jual atau dapatkan dari negara lain dapat menguntungkan.

4. Daftar Portal Bisnis Internasional

Saat ini, portal bisnis ekspor impor internasional sudah tersedia banyak. Bahkan ada juga yang berupa marketplace. Hal tersebut membantu Anda mendapat peluang usaha export import jadi lebih cepat. Keuntungan utama yang bisa Anda rasakan adalah penentuan segmentasi pasar.

Dengan mendaftarkan usaha ekspor impor di portal bisnis internasional, nama unit usaha Anda akan lebih mudah terjangkau oleh calon pelanggan. Pastikan Anda mencantumkan informasi perusahaan dan produk serinci mungkin, agar meningkatkan transaksi lebih cepat dan menghemat biaya promosi secara konvensional.

5. Gunakan Fasilitas Pemerintah

Terkait bisnis ekspor dan impor, pemerintah Indonesia memiliki fasilitas yang membantu para pengusaha untuk berkembang dengan pesat. Selain insentif administratif, Anda juga bisa ikut serta dalam pameran internasional untuk memasarkan produk Anda agar bisa menjangkau kalangan masyarakat yang lebih luas.

Meskipun Anda akan mendapatkan bantuan, pastikan Anda memiliki dokumen ekspor impor yang lengkap. Jika hal tersebut masih terasa sulit untuk Anda lakukan, menggunakan layanan konsultan hukum bisa jadi langkah yang tepat.

Langkah tersebut dapat membuat Anda terhindar dari kesalahan yang berdampak negatif pada perusahaan.

Produk Bisnis Ekspor dengan Prospek Tinggi

Berdasarkan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, ada 10 jenis produk bisnis ekspor yang bisa Anda jadikan acuan. Jenis-jenis produk ini bisa Anda kelola sebagai bentuk memaksimalkan peluang usaha di dunia export dan import.

  • Udang
  • Kopi
  • Minyak kelapa sawit
  • Kakao
  • Karet dan produk karet
  • Tekstil dan produk tekstil
  • Alas kaki
  • Elektronik
  • Komponen kendaraan bermotor
  • Furniture

Tips Menjalankan Bisnis Export Import

Salah satu tips yang penting ketika Anda hendak menjalankan bisnis ekspor dan impor sebagai pemula adalah melakukan riset. Penelitian tersebut mencakup dari produk yang Anda pilih. Anda perlu memastikan bahwa produk ekspor atau impor tersebut merupakan elemen yang dibutuhkan dari suatu negara.

Tentu saja dalam melakukan riset produk, Anda perlu lebih dulu menentukan negara mana saja yang jadi tujuan. Dalam penentuan negara, Anda juga bisa melakukan riset mengenai pasar di negara tersebut. Bandingkan juga dengan negara pilihan lainnya untuk meningkatkan profit.

Kesimpulan

Sebagai pemula, Anda perlu meningkatkan sumber daya untuk bisa memaksimalkan peluang usaha export import dengan tepat. Kelima langkah di atas bisa Anda jadikan acuan untuk memulainya. Namun, jangan menutup mata dengan kesempatan lain yang bisa Anda lakukan sepanjang menjalani bisnis.

Agar usaha ekspor impor Anda tetap berjalan dengan lancar, pastikan Anda mendaftarkan entitas perusahaan sesuai hukum yang berlaku. Salah satunya adalah dengan cara daftarkan perusahaan Anda di sini. Jangan lewatkan kesempatan bisnis di sektor perdagangan untuk mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

Dapatkan penawaran terbaik sekarang
Dapatkan penawaran terbaik dari berbagai vendor jasa logistik kami untuk profit yang maksimal.
Request Quotation