Pada saat setelah selesai mengirim barang logistik, biasanya Anda akan akrab dengan status pengiriman logistik. Anda akan diberikan struk yang berisikan detail terkait dengan paket pengiriman logistik Indonesia.
Data yang umumnya akan ditulis pada struk tersebut yaitu nama penerima, alamat penerima, biaya kirim beserta nomor resi.
Nomor resi merupakan data yang paling penting, hal ini karena nomor resi dapat untuk mengetahui proses pengiriman logistik yang akan dikirimkan oleh petugas pengiriman barang logistik Anda dengan mudah.
Ketika Anda mencari nomor resi di situs internet, Anda akan bisa mendapatkan berbagai macam status pengiriman logistik terutama bagi Anda yang menggunakan jasa pengiriman logistik.
Karena pentingnya status pengiriman logistik maka para pengguna tidak dapat mengabaikannya begitu saja. Berikut beberapa status pengiriman logistik yang perlu kamu ketahui.
Berarti sudah sedang dalam proses pengiriman logistik menuju ke alamat tujuan, tapi terkadang hanya akan mentok di status ini, mungkin saja pihak jasa kirim masih belum melakukan update.
Barang sudah berhasil dikirim oleh kurir dan diterima dengan selamat oleh penerima yang tertulis di dalam alamat pengiriman barang logistik tersebut.
Kurir sudah sampai di desa atau kecamatan penerima, tetapi alamat tujuan tidak ditemukan bisa saja pengirim salah dalam menuliskan alamat tujuan sehingga membuat kurir tidak dapat menemukan alamat tersebut, maka wajib untuk kita memberikan alamat yang benar.
Paket yang dikirim ke Anda salah atau bisa juga tertukar dengan paket yang lainnya.
Rute pengiriman atau alamat pengiriman yang Anda tulis salah, sehingga pengiriman tersebut dikirimkan ke alamat yang terdapat di tulisan.
Barang sudah dibawa oleh kurir tetapi masih belum di antar di hari sebelumnya. Karena itu ketika paket sedang dikirim kembali hari ini atau pada saat ini.
Paket sudah diantar oleh pengirim dan diterima oleh agen jasa pengiriman sesuai lokasi pengirim, biasanya di belakang akan tertulis nama kota.
Barang telah di terima di gudang jasa pengiriman baru kemudian akan dikirim lewat udara atau darat.
Paket sedang dalam proses transit dan akan dikirim ke kota tujuan.
Barang sudah di jemput atau di ambil oleh kurir untuk di antar ke agen yang berikutnya.
Kiriman barang sedang dalam proses sortir, ini bertujuan untuk memisahkan paket sesuai dengan kota tujuannya.
Barang sudah sampai pada gudang kota tujuan untuk berikutnya paket akan dikirim ke agen pusat tingkat kabupaten.
Proses pengiriman paket pada agen tingkat kabupaten.
Jika Anda mempunyai toko online dan ingin meningkatkan kualitas layanan yang akan diberikan, salah satunya adalah memastikan jasa pengiriman logistik barang yang dimiliki dapat memberikan kepuasan bagi Anda dan juga pelanggan.
Misalnya dalam ketepatan waktu pengiriman barang, keamanan barang yang akan dikirim menggunakan pengiriman logistik laut, kecepatan pengiriman, dll.
Berikut ini adalah tips yang dapat Anda lakukan ketika memilih jasa pengiriman yang paling dan terpercaya agar pesanan sampai di tangan pelanggan dengan cepat dan tepat.
Ketepatan waktu dalam pengiriman merupakan kriteria utama dalam memilih jasa pengiriman barang.
Anda dapat melihat bagaimana track record dari jasa pengiriman barang, apakah mereka bisa mengantarkan barang sesuai dengan waktu yang sudah dijanjikan.
Anda dapat bertanya ke sesama pebisnis maupun kepada teman-teman yang pernah memakai jasa layanan pengiriman barang tertentu.
Selain itu, cari informasi di internet terkait dengan keluhan pelanggan juga dapat membantu Anda menentukan pilihan.
Faktor harga ini juga harus diperhatikan karena ini dapat mempengaruhi keputusan pelanggan sebelum membeli produk Anda nantinya.
Seringkali pelanggan mengurungkan niatnya untuk dapat membeli produk Anda hanya karena ongkos kirim yang jauh lebih mahal.
Anda bisa memberikan beberapa opsi pengiriman barang dengan harga yang lebih variatif sehingga customer dapat memilih berdasarkan dengan keinginan.
Cepat saja sebenarnya masih belum cukup, pastikan jasa pengiriman yang sudah Anda pilih juga bisa mengantarkan barang dengan aman. Sebab, tidak ada pelanggan yang ingin menerima barang rusak.
Oleh sebab itu, Anda lebih baik memilih layanan pengiriman barang dengan track record yang terbaik dan juga menawarkan asuransi penggantian bila nantinya terjadi kerusakan.
Para pelanggan sering tidak sabar menerima barang yang akan dipesan secara online. Mereka pastinya menginginkan mengetahui bagaimana proses dalam pengirimannya, sudah sampai mana, dan kapan perkiraan barang tersebut akan sampai.
Itulah, penting bagi Anda sebagai pemilik usaha untuk memilih jasa pengiriman yang dapat memberikan update soal proses pengiriman barang, supaya para pelanggan juga dapat melacak pesanan milik mereka.
Biasanya jasa pengiriman juga akan menyediakan beberapa paket pengiriman dengan durasi dan harga yang sangat berbeda-beda.
Pilihan-pilihan ini dapat memberikan kebebasan kepada para pelanggan untuk menyesuaikan dengan budget dan juga kebutuhan mereka. Walaupun pelanggan biasanya lebih memilih yang paling tercepat, ketersediaan pilihan memberikan pengalaman berbelanja yang jauh lebih baik.
Toko online dan juga layanan pengiriman mempunyai hubungan simbiosis mutualisme.
Toko online akan lebih dimudahkan untuk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, jasa pengiriman juga akan diuntungkan dari pemasukan yang nantinya mereka dapatkan.
Namun, yang akan paling diuntungkan dengan hubungan keduanya adalah para pembeli.
Berikut ini manfaat yang dapat dirasakan oleh para pelanggan dengan kompaknya toko online dan juga jasa pengiriman, barang menjadi lebih cepat sampai, kualitas barang juga lebih terjaga dan berbelanja menjadi lebih nyaman.
Jasa pengiriman logistik yang terbaik pasti mempunyai pelayanan yang lengkap dan setelah Anda memahami tentang status pengiriman logistik, sehingga Anda menjadi lebih paham dengan cara kerja jasa kirim yang digunakan.