Indonesia Logistik Network / Bisnis Logistik / Kenapa Ada Kuota Impor? Ini Tujuan, Jenis, & Cara Kerjanya

Kenapa Ada Kuota Impor? Ini Tujuan, Jenis, & Cara Kerjanya

Bagikan Artikel Ini
Kenapa Ada Kuota Impor Ini Tujuan, Jenis, & Cara Kerjanya

Dalam kegiatan impor dan ekspor tentunya ada beberapa peraturan yang telah ditetapkan pemerintah yang harus diperhatikan oleh para perusahaan dibidang impor. Salah satu peraturan tersebut yakni adanya kuota impor.
Singkatnya, kuota impor adalah batasan jumlah produk yang diimpor ke suatu negara dari luar negeri. Hal ini tentu saja berlaku untuk semua barang yang diimpor ke Indonesia.

Menurut anda, mengapa kebijakan kuota impor diperlukan dalam kegiatan impor? Apa tujuan kuota dalam impor? Apa saja klasifikasinya? Bagaimana cara kerjanya? Pertanyaan-pertanyaan ini akan dieksplorasi lebih detail di artikel berikutnya.

Apa Itu Kuota Impor?

Kuota impor adalah sebuah peraturan yang menentukan jumlah produk yang akan diimpor dalam periode waktu tertentu. Hal ini diberlakukan oleh pemerintah untuk melindungi industri lokal di bawah tekanan dari produk impor.
Kuota dalam impor juga dapat mencegah pasar lokal pada suatu negara dibanjiri oleh produk luar negeri yang berharga murah karena rendahnya biaya dalam produksi luar negeri.

Baca Juga : Lisensi Impor adalah: Pengertian, Cara Mendapatkan dan Fungsinya

Tujuan Adanya Kuota Impor

Pemerintah akan melindungi industri dalam negeri dengan adanya pembatasan impor. Produsen di negara mitra dapat menerapkan praktik perdagangan yang tidak adil. Produsen asing mungkin dengan sengaja berusaha menjauhkan produsen dalam negeri dari persaingan. Yakni menjual dengan harga lebih rendah dari harga lokal.

Bahkan, produk impor bisa jadi lebih murah karena biaya produksi yang lebih rendah. Namun, produsen asing juga dapat dengan sengaja membuangnya. Mereka menjual ke pasar luar negeri dengan harga lebih rendah dari pasar domestik.

Dumping merugikan pasar lokal. Peningkatan impor akan semakin menekan produsen dalam negeri dan membuat mereka kurang kompetitif. Akibatnya, impor mulai menggantikan produk dalam negeri. Konsumen dalam negeri mulai beralih dari produk lokal untuk harga yang lebih murah.

Dengan begitu, penjualan barang-barang impor akan lebih banyak sehingga porsi bagi produsen lokal berkurang. Dalam jangka panjang, situasi tersebut kemungkinan akan membunuh produsen dalam negeri.

Untuk mencegah hal ini, pemerintah dapat menerapkan hambatan perdagangan. Salah satu opsinya adalah menerapkan kuota impor.

Kuota ini menentukan jumlah impor yang diperbolehkan untuk wilayah lokal. Selain itu, volume impor yang lebih rendah dapat mengurangi tekanan persaingan. Tapi ini berpotensi menimbulkan masalah lain yaitu kekurangan pasokan.

Selain untuk melindungi industri di dalam negeri, tujuan lain adanya kuota dalam impor yakni untuk memberikan cadangan devisa serta mengurangi tekanan dalam neraca pembayaran. Impor yang tinggi menekan neraca perdagangan. Hal ini dapat menyebabkan defisit jika ekspor tidak tumbuh pada tingkat yang sepadan.

Defisit berarti mata uang masuk (dihasilkan dari ekspor) lebih kecil dari mata uang keluar (untuk membayar impor). Hal ini pada akhirnya akan menguras cadangan devisa untuk membayar impor.

Baca Juga : Masalah yang Dapat Terjadi pada Ekspor Impor, Perhatikan Ini Sebelum Memulai Bisnisnya

Jenis Kuota Impor

Berikut jenis jenis kuota impor yang perlu Anda ketahui.

1. Kuota Tarif

Kuota tarif atau bea masuk adalah tindakan formal yang diterapkan secara luas. Di bawah sistem ini, sejumlah produk asing diizinkan untuk diimpor tanpa bea atau dengan tarif khusus yang rendah.

Dalam proses ini, kuota tarif menggabungkan fungsi tarif dan kuota, dimana bea masuk yang lebih tinggi dikenakan jika produk yang diimpor melebihi batas tertentu.

2. Kuota Impor Unilateral

Kuota unilateral atau bilateral ini memberlakukan pembatasan mutlak terhadap produk impor untuk jangka waktu tertentu. Tentunya sistem ini akan diterapkan tanpa negosiasi terlebih dahulu dengan negara lain.

3. Kuota Bilateral

Sistem ini berlaku karena adanya kerjasama antar negara yang melakukan kegiatan impor dan ekspor. Penerapan kebijakan kuota impor ini memiliki banyak keuntungan, seperti kesepakatan bersama dalam penentuan kuota dan mitigasi dalam melakukan kegiatan impor.

Selain itu, sistem cenderung menghindari atau mencegah volatilitas impor yang berlebihan, meminimalkan perselisihan, dan tidak menjadi monopoli ekspor.

4. Kuota Pencampuran Impor (Impor Mixing)

Sistem ini mewajibkan produsen untuk menggunakan bahan baku untuk produk mereka. Dalam hal ini, pabrikan harus menggunakan proporsi bahan dalam jumlah yang ditentukan. Kami memastikan bahwa bahan baku dalam dan luar negeri memiliki proporsi yang sesuai dalam proses produksi produk jadi secara lokal.

5. Lisensi Impor

Lisensi impor menjamin kepastian distribusi produk yang berkualitas. Jadi sumber daya sebanding dengan kriteria penetapan harga yang sesuai.

Cara Kerja Kuota Impor

Pemerintah bertanggung jawab dalam penetapan kuota untuk melindungi kepentingan pasar domestik. Menurut hukum penawaran dan permintaan, penerapan kuota impor yang membatasi pasokan suatu komoditas meningkatkan harganya. Pembatasan ini diberlakukan melalui pembatasan ekspor sukarela dan kuota tersembunyi.

1. Kontrol Ekspor Sukarela

Voluntary Export Limits (VER) adalah kuota sukarela yang ditetapkan negara terhadap ekspor ke negara mitra. Jika dua negara berbagi perjanjian perdagangan, menetapkan kebijakan kuota perdagangan dapat dipandang sebagai tindakan proteksionis atau bermusuhan yang dapat merusak hubungan perdagangan.

Untuk menghindari situasi ini, mitra bisnis dapat menegosiasikan VER dengan janji pasar mitra tidak akan dibanjiri produk yang lebih murah.

Perjanjian semacam ini akan dibicarakan saat perjanjian perdagangan dan seringkali hal itu juga taktik yang efektif untuk mencegah berkembangnya perselisihan perdagangan.

VER biasanya adalah jumlah maksimum unit digital yang dapat diekspor oleh satu negara ke negara lain. Seiring perubahan kondisi ekonomi, nilai VER harus terus diperbarui agar tetap valid.

2. Kuota Tersembunyi

Kuota tersembunyi yakni untuk membatasi pasokan barang impor tanpa ada paksaan terhadap kuota perdagangan ke negara lain. Misalnya, pemerintah dapat memberlakukan batasan kontrol kualitas yang ketat pada semua barang yang akan diimpor ke suatu negara.

Ini mungkin tampak seperti strategi sederhana, tetapi kuota impor tersembunyi dapat mencegah masuknya barang asing dalam jumlah besar ke negara tersebut, karena barang berkualitas rendah dapat ditolak.

Akibatnya, pasokan komoditas ini terbatas, dan jika pemerintah menetapkan kuota impor atas impor dari luar negeri, mereka akan mencapai hasil yang sama. Jenis kuota tersembunyi lainnya adalah kampanye iklan yang ditujukan untuk mengurangi permintaan daripada penawaran.

Misalnya, pemerintah dapat mempublikasikan bagaimana impor makanan tertentu dari negara tertentu terbukti menyebabkan masalah kesehatan. Periklanan tidak harus berbasis sains dan telah terbukti mengurangi permintaan dalam jangka pendek.

Permintaan atau penawaran juga dapat fluktuatif karena berbagai faktor ekonomi. Pemerintah tidak dapat merencanakan acara seperti itu, tetapi mereka dapat memblokir impor, menaikkan harga, dan mengurangi penjualan.

Sehingga bisa memiliki efek yang sama dengan kuota impor. Tetapi pemerintah jarang mengandalkan perubahan penawaran serta permintaan untuk melindungi industri di dalam negeri.

Baca Juga : Komoditas Impor Indonesia: Pengertian, Jenis, Sistem, dan Contoh Barang

Sudah Paham Pentingnya Kuota Impor?

Demikian penjelasan tentang kuota impor yang harus ditaati oleh perusahaan importir mulai dari pengertian, tujuan, fungsi, serta cara kerjanya. Kebijakan ini sudah sering diterapkan di banyak negara. Semoga penjelasan diatas bermanfaat.

Dapatkan penawaran terbaik sekarang
Dapatkan penawaran terbaik dari berbagai vendor jasa logistik kami untuk profit yang maksimal.
Request Quotation